Bagaimana Memilih Jenis Alat Pemadam Api Terbaik

Bagaimana Memilih Jenis Alat Pemadam Api Terbaik

Pemadam api pertama dipatenkan oleh ahli kimia Godfrey Ambrose pada tahun 1723. Sejak itu, banyak jenis alat pemadam telah ditemukan, diubah dan dikembangkan.

Tetapi satu hal masih sama, tidak peduli apakah empat elemen harus ada di sana sehingga api tetap ada. Elemen-elemen ini termasuk oksigen, panas, bahan bakar dan reaksi kimia. Jika Anda menghilangkan salah satu dari empat elemen dalam “Segitiga Api”, api dapat dipadamkan. Perusahaan kami┬átelah berpengalaman dalam pemadaman api, kami akan memberikan pengalaman anda agar dapat meminimalisir kerugian terhadap perusahaan anda.

Namun, untuk berhasil dalam pemadaman api, Anda harus menggunakan alat pemadaman yang benar.

Apa yang Anda butuhkan?

Alat pemadam api berbeda sesuai dengan jenis api yang cocok untuk mereka dan ini ditandai dengan tiga jenis label. Ini masing-masing A, B dan C. Tipe A baik untuk bahan yang mudah terbakar, seperti kertas, kayu dan sampah. Tipe B adalah untuk cairan yang mudah terbakar, seperti bensin atau minyak. Tipe C dimaksudkan untuk memadamkan api pada peralatan listrik.

Rekomendasi terbaik adalah memperoleh pemadam api universal, yang dapat membantu mengatasi tiga jenis kebakaran. Dapatkan tipe khusus hanya jika area ini dirancang khusus untuk barang-barang di sekitarnya.

Ukuran apa yang memadai?

Tidak ada hubungan langsung antara ukuran alat pemadam kebakaran dan efektivitasnya, tetapi harus mempertimbangkan ukuran mereka. Ada beberapa ukuran berbeda dan pemilihan yang benar tergantung pada salah satu yang akan disimpan. Misalnya, Anda dapat mengambil yang terkecil dan memasukkannya ke dalam mobil Anda di tempat yang tidak menempati banyak ruang. Selain itu, dapat bermanfaat di dapur untuk mematikan panas.

Jenis terbesar paling baik digunakan di area kerja atau pabrik dengan banyak bahan kimia yang mudah terbakar. Mereka tidak dimaksudkan untuk dibawa pergi, tetapi isinya lebih dari yang kecil. Pemilihan serangkaian unit yang akan dibeli juga tergantung di mana mereka akan diselamatkan, yaitu, bagaimana area yang perlu mereka tutupi jika ada bahaya.

Pilih cadangan atau sekali pakai?

Ada dua jenis alat pemadam kebakaran dalam hal tingkat memorandum, mereka dapat diisi atau sekali pakai. Seperti namamu, tipe pertama dapat diisi ulang setelah digunakan dan dikembalikan ke posisi semula, sedangkan tipe kedua harus diganti dengan yang baru. Tidak ada opsi yang salah di sini, itu hanya tergantung pada perhitungan Anda, karena yang dapat diisi cukup mahal daripada sekali pakai.

Bagaimana Anda menggunakan pemadam api?

Memiliki pemadam api tidak cukup untuk keamanan, Anda juga harus tahu cara menggunakannya jika perlu. Cara terbaik untuk mengingat bagaimana melakukannya adalah menghafal berlalunya singkatan. Apa yang mewakili:

  • Tarik peniti
  • Arahkan pemadam ke sumber nyala api
  • Tekan gagang atau pelatuknya
  • Sapu alat pemadam sampai api padam

Berikut rincian alat pemadam kebakaran yang diklasifikasikan menurut jenisnya:

Alat pemadam kebakaran diklasifikasikan menurut jenis:Untuk apa alat pemadam api digunakan:
Alat Pemadam Kebakaran Kelas A.Alat pemadam ini digunakan untuk kebakaran yang melibatkan bahan yang mudah terbakar, seperti kayu, kertas, kain, sampah, dan plastik.
Alat Pemadam Kebakaran Kelas B.Alat pemadam ini digunakan untuk kebakaran yang melibatkan cairan yang mudah terbakar, seperti gemuk, bensin, dan minyak.
Alat Pemadam Kebakaran Kelas C.Alat pemadam ini digunakan untuk kebakaran yang melibatkan peralatan listrik, seperti motor, transformator, dan peralatan.
Alat Pemadam Kebakaran Kelas D.Alat pemadam ini digunakan untuk kebakaran yang melibatkan logam yang mudah terbakar, seperti kalium, natrium, aluminium, dan magnesium.
Alat Pemadam Kebakaran Kelas K.Alat pemadam ini digunakan untuk kebakaran yang melibatkan minyak goreng dan lemak, seperti lemak hewani dan nabati.

Penting untuk diingat bahwa setiap kebakaran membutuhkan alat pemadam yang berbeda berdasarkan keadaan.

Dan jika Anda akan menggunakan alat pemadam, ingat saja PASS: tarik pin, arahkan nosel atau selang ke dasar api, tekan level operasi untuk mengeluarkan bahan pemadam dan sapu nosel atau selang dari sisi ke sisi sampai apinya padam.